Berbagai Madzhab Merawat Anak

Awalnya dari sharing-sharing teman di berbagai media sosial, sering juga ya dengar tentang merawat anak itu caranya ada berbagai macam pendapat. Merawat anak ini maksudnya adalah perawatan sehari-hari seperti perawatan badannya bayi… ibu harus apa supaya anaknya bagaimana. Misalnya apakah anak harus dibedong, dimandiin dengan cara begini, kalau pipinya merah dikasih ini, dan lain-lain.

Ternyata kalau di media sosial, kita harus menjaga tulisan supaya tidak menyinggung perasaan teman yang pake cara ato saya nyebutnya madzhab yang berbeda dalam merawat anak, ehehe. Soalnya… cara yang kita pakai kadang hanya cocok untuk kasus kita. Teman yang memakai madzhab lain cocoknya dengan yang lain. Mungkin mereka, sama seperti kita juga, telah membuktikan bahwa cara tersebut cocok dan terbukti pewe dengan kondisinya.

Si adek tidak saya bedong karena saya nggak begitu bisa membedong, wkwk. Selain itu, sepertinya tidak dibedong baik-baik saja karena di rumah sakit juga tidak dibedong. 

Soal cara memandikan, karena di rumah sakit saya diajarin cara tersebut, cara itu yang saya praktekkan di rumah. Ternyata ibu saya bilang dulu beliau nggak begitu. Dari lihat-lihat video memandikan anak di negara lain, ada juga yang lain. Kalau cara ibu saya dan beberapa video yang diupload oleh orang Indonesia, bayi yang baru lahir disabunnya sebelum masuk air dan cuma tinggal dibilas ketika sudah di air. Ada juga cara orang Amerika yang pakai bak mandi yang ada tempat pantat bayinya dengan air yang tidak terlalu banyak. 

Kalau yang saya terapkan, airnya pakai yang banyak sekali (sampai kedalaman sekitar 30cm) dengan suhu sekitar 39℃. Bayi dipegang kepalanya, ditutup telinganya dengan jempol dan jari tengah di kanan kiri, kemudian badannya semacam diambangkan di air. Dengan begini, yang memandikan tidak merasa berat menopang badan bayi. Perut bayi ditutup dengan kain yang basah juga kena air di bak supaya tetap hangat dan bisa digenggam tangan oleh bayi. Ajaibnya walaupun awalnya si adek kaget dan nangis dimasukin air, abis itu langsung tenang dan menikmati kehangatan syalala kaya lagi spa, wkwk. Sesudah itu kita umek-umek saja si adek disabun dan bilas di mana-mana. 

Frekuensi memandikan bayi juga banyak madzhabnya. Ada yang berpendapat setiap hari, ada juga yang berpendapat cukup 2-3 kali seminggu (hari lain cukup dilap saja). Dari anjuran rumah sakit, saya harus memandikan setiap hari. Dan memang biasanya setelah seharian, si adek badannya berkeringat dan kadang mukanya berminyak. Jadi, saya pikir memang pas anjuran dari rumah sakit tersebut. Mungkin juga kalau si adek lahir di bulan-bulan musim dingin, tidak mandi setiap hari juga tidak apa-apa.

Ini foto si adek waktu saya lagi belajar mandiin di rumah sakit 😀

  

Baiklah segini dulu cerita hari ini (ditulis dari hape sambil mangku si adek yang lagi bubuk).

**video: kira-kira saya diajarinnya kayak gini http://youtu.be/2DVZphybHzw

広告

6件のコメント on “Berbagai Madzhab Merawat Anak”

  1. E, para finalizar, diante dos resultados da busca, constatou-se que em seguida a inserção do antigo nas atividades do respectivo Centro
    Social, a convívio familiar e a saúde melhoraram
    em todos os sentidos, a entono e a autosatisfação aumentou, prazer
    em envelhecer transformou-se estável. http://www.cyprus.com/user/mosegaard-rooney.html?section=member_info

  2. Linda より:

    People as said before love eating stuffs so that as we understand running a business,
    in case you give exactly what the people want, you’ll get one of the
    most level of customers with your hand. The robustness of stainless-steel,
    and how easy it happens to be to decontaminate, basically helps that it
    is a far more attractive material. If you’ll want to cook for the
    large number of people, or are confronted with cooking
    the Thanksgiving dinner to the in-laws, don’t stress. http://www.pension-gutshof-mihla.de/index.php?mod=users&action=view&id=1789616

  3. Cinda より:

    2nd deposit 50% bonus, 3rd and 4th deposits 25%.

  4. Always stand if your cards value between 17 and 21.


コメントを残す

以下に詳細を記入するか、アイコンをクリックしてログインしてください。

WordPress.com ロゴ

WordPress.com アカウントを使ってコメントしています。 ログアウト /  変更 )

Google+ フォト

Google+ アカウントを使ってコメントしています。 ログアウト /  変更 )

Twitter 画像

Twitter アカウントを使ってコメントしています。 ログアウト /  変更 )

Facebook の写真

Facebook アカウントを使ってコメントしています。 ログアウト /  変更 )

%s と連携中